Alergi pada bayi dapat terjadi kapan saja sehingga kadang luput dari pemantauan Anda. Alergi dapat terjadi oleh banyak faktor penyebab. Cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi alergi adalah dengan mengetahui penyebabnya. Lantas berikut ini cara yang bisa Anda terapkan untuk menghindari terjadinya alergi pada bayi.

  1. ASI Eksklusif

ASI eksklusif yang diberikan selama 6 bulan sangat berperan dalam melindungi bayi Anda termasuk juga melindungi bayi dari alergi. Kandungan sIgA (Secretory Immunoglobulin A) dan laktoferin pada ASI yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan koloni bakteri dalam usus sehingga menghambat munculnya alergi.

  1. Tidak Menggunakan Detergent

Kulit bayi masih sangat sensitif dan mudah saja mengalami alergi hingga masalah kulit yang serius. Salah satu yang dapat menjadi pemicu adalah detergent yang digunakan saat mencuci perlengkapan bayi seperti pakaian dan juga selimutnya.

Anda harus menghindari menggunakan detergent yang sembarangan. Belilah sabun khusus untuk mencuci pakaian bayi agar tidak menimbulkan alergi. Ada banyak produk sabun untuk mencuci pakaian bayi secara aman yang bisa Anda dapatkan di toko online dengan belanja menggunakan JGOS di orami.com.

  1. Cegah Pemberian Makanan

Makanan berupa kacang-kacangan sebaiknya hindari dahulu. Paling tidak hingga bayi berusia satu tahun karena kacang-kacangan dapat menyebabkan terjadinya alergi pada bayi Anda. Hindari memberikan makanan yang mengandung pengawet tinggi seperti camilan yang Anda konsumsi.

  1. Menjaga Kebersihan

Kebersihan lingkungan rumah terutama bagian dalam rumah akan melindungi bayi Anda dari alergi. Pertama dari alergi debu yang beterbangan di area tempat tidur bayi. Anda harus membersihkan tempat tidurnya setiap hari dengan menjemurnya beberapa jam terkena sinar matahari pagi.

Cuci tempat tidur secara rutin minimal satu bulan sekali atau setiap tempat tidur terkena kotoran bayi terutama saat bayi buang air besar. Gunakan perlak untuk tetap menjaga kebersihan tempat tidur karena perlak bisa Anda ganti-ganti setiap harinya.

Jika bayi sudah mulai merangkak, Anda harus rutin membersihkan lantai rumah Anda. Jaga juga kebersihan perlengkapan bayi Anda. Terutama kebersihan botol susu yang menjadi kebutuhan utama bayi Anda. Pastikan Anda melakukan sterilisasi secara berkala dengan rutin.

  1. Hindari Polusi Udara

Polusi udara juga merupakan faktor penyebab terjadinya alergi pada bayi Anda. Sebisa mungkin untuk tidak terlalu sering membawa bayi keluar rumah dengan menempuh perjalanan yang penuh sesak asap kendaraan bermotor. Di dalam rumah hindari adanya asap rokok yang akan menjadi penyebab alergi pada bayi Anda.

Alergi yang terjadi pada bayi bukan hanya sekadar masalah kecil yang bisa Anda sepelekan. Alergi bahkan bisa menjadi pemicu dari berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan bayi Anda. Anda perlu menjaga dan memberikan perawatan terbaik kepada bayi agar tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal.

Tips Sederhana agar Bayi Tidak Mengalami Alergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *