“Sakit┬ádiabetes insipidus apa Bu ?”

“Ini mau kontrol dokter, katanya diabetes Bu”

” O….sudah berapa lama sakitnya ?”

“Sudah 6 bulan saya bolak-balik kesini”

Sepenggal percakapan diatas sering kita jumpai apabila sedang duduk menunggu antrian di klinik atau rumah sakit. Rasanya sudah tidak asing lagi mendengar istilah diabetes di kalangan masyarakat kita. Biasanya yang dimaksud dengan penyakit diabetes insipidus adalah sebuah penyakit dengan notabene kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh. Gejala yang banyak terllihat adalah bila si penderita sudah mempunyai luka yang biasanya terdapat di daerah kaki dengan keluhan susah sembuh. Luka yang ditandai dengan semacam borok yang terus menerus basah tak kunjung kering.

operasi jantung, bagian jantung, cara kerja jantung, kateterisasi jantung, jantung bocor, tanda tanda penyakit jantung, penyebab penyakit jantung, gejala serangan jantung, jantung lemah, gejala jantung koroner
dr lenny tan – spesialis certified functional medicine untuk penyakit diabetes melitus

Tenyata diabetes itu ada banyak macam nya lho. Nah…yang akan kita bahasa disini adalah salah satu jenis diabetes yang ternyata tidak ada kaitannya dengan peningkatan kadar gula darah tadi. Kok bisa ? Inilah yang dinamakan diabetes insipidus. Sebuah kondisi dimana kadar gula darah umumnya berada pada level normal tetapi ada gangguan pada hormon diuretiknya yaitu anti diuretik hormon (ADH).

Seperti yang telah diketahui bahwa diabetes melitus adalah suatu keadaan dimana frekwensi buang air kecil terlalau sering antara 3 sampai 4 kali sehari dengan volume yang banyak sekitar 3 sampai 20 liter perhari.

Ciri Diabetes Insipidus pada orang dewasa

  • Buang air kecil sebanyak 3 sampai 4 kali dalam satu jam
  • Jumlah urine ( air kencing ) sekitar 3 sampai 20 liter setiap hari
  • Gangguan pola tidur
  • Mudah lelah
  • Sulit konsetrasi

Diabetes Insipidus pada anak kecil

  • Sering mengompol diwaktu tidur
  • Rewel
  • Sering menangis
  • Tidak mau bergaul atau bermain
  • Sulit berkomunikasi
  • Sering buang air kecil di celana pada saat terjaga

Pengobatan Alternatif Diabetes Melitus

Bila anda atau anak anda mengalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan diatas, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter atau klinik terdekat. Tidak secara serta merta gejala yang anda rasakan adalah penyakit diabetes insipidus, tetapi sebagai langkah awal pengobatan dokter akan memeriksa dan melakukan beberapa tes yang harus diambil untuk menegakkan diagnosa penyakit yang ada.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa jaga kesehatan dengan pola hidup sehat.

Diabetes Insipidus Bagi Orang Awam Sudah Tahukah Anda?
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *