Kanker ialah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Berdasarkan keterangan dari data teranyar dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), masing-masing tahunnya kira-kira 8,2 juta orang meninggal karena sekian banyak  jenis kanker. Saat ini diketahui terdapat lebih dari 100 jenis kanker yang menyerang manusia. Meski begitu, ilmu pengetahuan dan teknologi terus berjalan seiring waktu untuk memeranginya. Salah satu penemuan baru yang sukses dikembangkan ialah terapi imun bagi penderita kanker, khususnya pada kanker stadium lanjut. Terapi imun ini dikenal sebagai imunoterapi kanker.  

Cara Kerja Imunoterapi

  Sistem kekebalan tubuh kita terdiri dari sekian banyak organ tubuh, sel, dan zat kimia yang dapat membantu menyerang virus, bakteri, dan kuman penyebab infeksi dan penyakit. Ini sebab sistem kekebalan tubuh telah hafal zat-zat apa saja yang memang telah seharusnya bermukim dalam tubuh Anda. Maka, bila tubuh mengenali ada zat yang janggal, ia pun langsung mengenalinya.   Namun, sekitar ini sistem imun kendala untuk langsung mematikan kanker. Inisebab kanker lahir saat ada sel tubuh yang merasakan mutasi gen dan kesudahannya tumbuh atau menyebar di luar kendali. Pasalnya, mutasi atauevolusi sel ini ialah proses yang biasa terjadi dalam tubuh, sampai-sampai kadang sistem imun tidak menyadari bahwa urusan tersebut mempunyai sifat mengancam. Namun kadang-kadang sistem imun dapat membedakan sel mana yang normal dan sel mana yang telah berisi bagian kanker. Sayangnya, ketika ituseringkali kanker telah tumbuh lumayan ganas sampai-sampai sistem imun kewalahan bagi menyeranganya.   Para berpengalaman dalam bidang kesehatan dan ilmu pengetahuan malah melihat adanya potensi yang menjanjikan dari masalah ini. Maka, sistem imunoterapi pun dikembangkan agar tubuh mampu mengenali kanker lebih cepat dan dapat melawannya dengan lebih sistematis serta efektif.

Imunoterapi Telah Berkembang di Negara Maju

Imunoterapi bagi penyembuhan kanker memang belum terlalu banyak tersedia di sekian banyak  rumah sakit di semua dunia, tak laksana kemoterapi atau radioterapi. Namun, macam-macam jenis imunoterapi sudah mencapai tahap analisis mendalam di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang.    

Apa arti imunoterapi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *